TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA

TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA, Sepak bola merupakan olahraga permainan tim (beregu), yang dilakukan dengan 11 pemain, Termasuk penjaga gawang, melawan 11 pemain lain. Dalam sepak bola, Sebuah tim akan menang jika mencetak gol lebih banyak daripada tim lawan. Di sisi lain, Setiap tim juga harus menjaga agar gawangnya tidak kebobolan.

TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA

Untuk dapat memainkan sepak bola, Tidak hanya dibutuhkan taktik yang bagus untuk sebuah tim. Para pemain dalam tim tersebut juga mesti menguasai beberapa Teknik Dasar Permainan Sepak Bola. Danny Mielke dalam Soccer Fundamentals (2003) menjelaskan beberapa teknik dasar yang harus dikuasai pemain sepak bola.

  • Passing

Salah satu cara yaitu dengan operan alias passing. Passing bisa dilakukan dalam jarak pendek maupun panjang. Dalam operan jarak pendek biasanya pemain menggunakan kaki bagian dalam. Dengan ini pemain bisa memperkirakan kecepatan bola yang diberikan kepada rekan setim sekaligus bisa mengukur akurasinya. Kaki bagian dalam lebih lunak dibandingkan dengan punggung kaki atau kaki bagian luar. Kendati demikian, Tidak jarang para pemain profesional melakukan operan jarak pendek menggunakan punggung kaki atau kaki bagian luar.

Sementara itu, Operan panjang dilakukan ketika jarak antar pemain cukup jauh. Biasanya bola yang dikirimkan adalah bola-bola lambung. Gunanya untuk menghindari bola direbut tim lawan. Cara melakukan umpan lambung adalah menggunakan punggung kaki bagian dalam. Perkenaan kaki pada bola terjadi pada tengah bawah bola, Untuk membuat bola terangkat tinggi. Passing umumnya dilakukan dengan kaki. Meskipun demikian, Pada praktiknya mengumpan juga dapat dilakukan dengan Dada, Paha, atau Kepala.

  • Shooting

Mencetak skor dalam sepak bola salah satunya dilakukan dengan shooting, Menendang bola ke arah gawang tim lawan. Shooting bisa dilakukan dari jarak jauh atau jarak dekat. Jika aliran bola dari kaki ke kaki antar pemain cukup apik, tim bisa dengan mudah mendekat ke kotak penalti lawan dan melakukan shooting jarak dekat.

Peluang golnya juga lebih tinggi. Sepakan ke arah gawang bisa dilakukan dengan punggung kaki, Kaki bagian dalam, Dan kaki bagian luar. Salah satu jenis tembakan adalah tembakan curve alias melengkung. Shooting melengkung ini diterapkan ketika sang pemain ingin menempatkan bola di pojok gawang.

Tendangan curve dapat dilakukan dengan kaki bagian luar. Banyak pemain profesional macam Roberto Carlos dan Ricardo Quaresma menggunakan teknik tendangan tersebut dan terbukti ampuh untuk merobek jala tim lawan.

  • Dribbling

Ketika seorang pemain sedang dalam kondisi sendirian, Tidak ada rekan di dekatnya, Teknik dribbling bisa menjadi jalan keluar. Dribbling dilakukan untuk mencari teman atau bahkan langsung menyerang dan mendekat ke area lawan.

Dalam sepak bola profesional dribbling dilakukan dengan cara menendang bola pendek-pendek dan terputus-putus sambil berlari. Lebih aman, Bola yang dibawa alias digiring tidak boleh lebih dari 1 meter jaraknya dengan kaki. Hal ini untuk memperkecil risiko bola tersebut direbut pemain lawan. Semakin dekat jarak jangkauan kaki dengan bola semakin aman pula dari curian pemain lawan. Selain itu, Kecepatan lari sang pemain juga menentukan keberhasilan dalam menggiring dan menghindari halauan lawan.

  • Heading

Semua bagian tubuh bisa dimanfaatkan oleh para pemain bola, termasuk kepala. Pengenaan bola pada kepala disebut heading. Teknik dasar ini digunakan untuk menjangkau bola-bola lambung. Pemain melakukan sundulan ketila timnya sedang mengirimkan umpan crossing lambung. Bola silang lambung yang dilepaskan pemain sayap disambut dengan heading menuju ke arah gawang lawan. Perkenaan bola terjadi pada bagian dahi, Baik depan, Kanan, Maupun Kiri. Semua tergantung ke arah mana bola akan disundul.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *