Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia – Olah raga sepak bola dunia mulai dikenal di Tiongkok pada abad ke-2 atau ke-3 sebelum masehi. Selain di Tiongkok, permainan serupa juga dimainkan di Jepang bernama Kemari. Permainan sepak bola yang ada di zaman itu menggunakan bola kulit, dan untuk memasukkan bolanya ke gawang pun sangatlah sulit, Karena gawangnya terbuat dari jaring yang kecil.

Olahraga sepak bola ini dihadirkan oleh orang-orang pada masa itu agar para tentara China tetap terlatih fisiknya. Adapun permainan sepakbola yang ada pada masa itu disebut sebagai tsu chu

Mulanya, Sepak bola dimainkan dengan cara menggiring bola kulit ke dalam gawang kecil. Seiring berjalannya waktu, Olahraga ini mulai dibawa ke Eropa, tepatnya Inggris.

Di Inggris, Sepak bola berkembang dengan sangat cepat. Sejak ditetapkannya peraturan-peraturan dasar di Inggris, Permainan sepak bola modern mulai berkembang dan menjadi begitu digemari oleh berbagai kalangan.

Lapangan-lapangan sepak bola mulai dibangun, dan menggelar pertandingan sepak bola. Tidak lama  berselang, Sepak bola menjadi semakin populer sehingga akhirnya memiliki kompetisi sendiri.

Sejarah Berdirinya Federasi Sepak Bola Dunia

Setelah sepak bola berkembang di Inggris dan Eropa, Pada tahun 1904 dibentuklah Federasi Sepak Bola Internasional atau yang saat ini kita kenal dengan nama FIFA.

Setelah terbentuknya FIFA, Penyebaran olahraga sepak bola lebih luas. Dan FIFA juga mengatur sistem dan struktur yang baik untuk berjalannya kompetisi. Kompetisi – kompetisi sepak bola yang selama ini kita saksikan seperti Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Champions, dan yang paling besar adalah Piala Dunia.

Perkembangan sepak bola di dunia terus berlanjut, Hingga pada tahun 1908 permainan sepak bola dimasukkan ke dalam Olimpiade dan menyelenggarakan kegiatan kejuaraan dunia pertama untuk permainan sepak bola atau Piala dunia di Uruguay pada tahun 1930-an.

Ada hal yang unik di luar dari teknis permainan sepak bola yang mesti dicatat, yaitu adanya keberhasilan BBC yang menjadi stasiun televisi pertama yang berhasil menayangkan permainan sepak bola di tahun 1938, dan pada tahun 1966 digunakannya fitur replay dalam setiap gol yang terjadi di siaran televisi.

Sejarah perkembangan sepak bola di Indonesia

Bangsa Tiongkok menjadi aktor utama dalam masuknya olahraga sepak bola ke Indonesia. Namun tidak sedikit juga yang menyebutkan bahwa Belanda menjadi pihak pertama memperkenalkan masyarakat pribumi dengan sepak bola.

Tercatat bahwa pada tahun 1915, telah terdapat banyak klub atau perkumpulan sepak bola yang berdiri dan didirikan oleh warga Tionghoa, bahkan di tahun 1920 terdapat klub seperti UMS Jakarta dan Surabaya yang telah menjadi klub terhebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda. Untuk mengatur jalannya sistem dan struktur, Akhirnya diresmikanlah Federasi Sepak Bola Indonesia yang bernama PSSI.

Kemunculan Federasi Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)

Organisasi PSSI diresmikan pada tanggal 19 April 1930, sebelum keikutsertaan Timnas Indonesia di ajang Piala Dunia 1938 di Perancis. Sebetulnya ada agenda lain di balik pembentukan PSSI, Selain untuk mengatur perkembangan sepak bola, PSSI juga sebagai bentuk penentangan penjajahan Belanda.

Semenjak dibentuknya PSSI, animo masyarakat terhadap sepak bola semakin tinggi. Sehingga akhirnya PSSI membentuk sebuah kompetisi yang bernama Kompetisi I Perserikatan. Dan saat ini, Kompetisi sepak bola utama yang ada di Indonesia yang dibawah naungan PSSI adalah Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *