Jumlah Pemain Sepak Bola dalam Pertandingan Resmi

Jumlah Pemain Sepak Bola dalam Pertandingan Resmi – Permainan sepak bola telah lama menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Sejak berabad-abad yang lalu, Sepak bola dimainkan oleh anak-anak kecil, Mahasiswa, hingga profesional.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk memindahkan bola ke atas lapangan dan melampaui garis gawang lawan untuk mencetak gol. Permainan sepak bola standar berlangsung selama 90 menit, Dibagi menjadi dua bagian selama 45 menit.

Jumlah Pemain Sepak Bola dalam Pertandingan Resmi

Pada permainan sepak bola, Setiap tim memiliki 11 pemain di lapangan. Ini termasuk 10 pemain luar dan seorang penjaga gawang. Formasi yang paling umum dikenal sebagai 4-4-2. Pada formasi ini, Yang digunakan adalah 4 pemain belakang atau bek, 4 pemain tengah dan juga 2 orang penyerang.

Posisi dan Fungsi Pemain Sepak Bola

Setiap posisi dalam sebuah tim memiliki area tertentu dari bidang yang mereka cakup. Ini termasuk seberapa jauh ke belakang atau ke depan dan seberapa jauh rentang kiri atau kanan wilayah mereka. Penyerang, gelandang, dan bek dibagi menjadi posisi yang lebih spesifik berdasarkan posisi mereka di sisi kiri, tengah, atau kanan lapangan.

  1. Penjaga Gawang

Penjaga gawang berada di posisi garis pertahanan terakhir untuk menghentikan lawan mencetak gol, Pemain ini bertugas untuk melindungi gawang.

Juga dikenal sebagai kiper, Posisi ini adalah satu-satunya pemain yang diizinkan menggunakan tangan dan lengan mereka untuk memblokir tembakan dan mengambil bola saat permainan sedang berlangsung.

Penjaga gawang tidak dapat menggunakan tangan mereka untuk memainkan bola jika rekan satu tim mengopernya langsung kepada mereka selama bermain game atau saat tidak melakukan lemparan ke dalam.

Kiper sepak bola mengenakan perlengkapan khusus termasuk sarung tangan, dan sering kali memilih baju lengan panjang untuk perlindungan tambahan. Kiper juga mengenakan seragam warna yang berbeda dari anggota tim lainnya, sehingga setiap orang di lapangan dapat membedakan mereka dari posisi lain.

2. Bek

Bek adalah pemain lapangan yang paling dekat dengan net. Mereka bertanggung jawab untuk melindungi kiper, Memblokir tembakan, dan menghentikan pemain ofensif tim lain agar tidak mengoper, Menerima, Menembak, dan Mencetak gol.

Bek dibagi menjadi 4 yaitu bek tengah, fullback, bek sayap, dan sweeper.

  • Bek Tengah : Juga dikenal sebagai stopper, posisi ini bermain di tengah-tengah garis pertahanan belakang. Formasi 4–4–2 akan memiliki dua bek tengah, yang akan bertahan untuk melindungi gawang.
  • Fullback : Posisi ini berada di bek belakang di sisi kiri dan kanan lapangan, biasa juga disebut sebagai bek sayap luar. Fullback biasanya bermain melebar untuk melindungi sisi lapangan, tetapi mereka juga dapat membantu melindungi tengah sesuai kebutuhan.
  • Bek Sayap : Posisi ini bermain melebar di kiri dan kanan, berlari ke atas dan ke bawah lapangan. Posisi ini membutuhkan banyak stamina dan bisa lebih menuntut kekuatan fisik daripada posisi lain.
  • Sweeper : Posisi ini tidak terlalu umum untuk dipakai sekarang. Pemain sweeper  memposisikan diri diantara penjaga gawang dan garis pertahanan utama. Tugas mereka adalah menyapu setiap bola yang melewati bek pertahanan. Meskipun mereka biasanya tetap berada di belakang pemain belakang lainnya, mereka juga dapat membantu membawa bola ke tengah lapangan.

3. Gelandang

Gelandang atau bek tengah kebanyakan bermain di tengah lapangan. Berikut ini beberapa posisi gelandang :

  • Gelandang Bertahan: Posisi ini bermain langsung di depan para pemain bertahan. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga bola di luar zona mereka, mencegat umpan tim lain, menjauhkan bola dari lawan, dan membantu garis penyerang dengan menjaga bola di zona tim lain, mengelola rebound, dan mengoper bola ke depan.
  • Gelandang Tengah: Gelandang tengah bertanggung jawab untuk mendistribusikan bola ke pemain lain. Saat melakukan penyerangan, mereka sering melakukan tembakan jauh ke gawang.
  • Gelandang Serang: Gelandang serang harus tahu cara mencetak gol dan menggiring bola dengan baik untuk menghindari bek lawan. Mereka harus menyerang bola saat tim lain menguasai bola dan tidak menahan seperti posisi lain di lapangan.
  • Gelandang Kiri / Kanan: Posisi ini harus memiliki keterampilan 1 lawan 1 yang kuat karena mereka harus mengatasi bek sayap kiri dan kanan atau bek sayap tim lain. Para pemain ini kemungkinan besar tidak akan menguasai bola selama pertandingan, tetapi akan mencari cara untuk mengalihkan bola ke depan melalui umpan silang ke rekan setim atau dengan melakukan tembakan ke gawang sendiri.

4. Penyerang

Penyerang adalah posisi yang paling dekat dengan gawang lawan. Tujuan utama mereka adalah mencetak gol sesering mungkin.

Mereka biasanya yang tercepat di lapangan dan harus memiliki penguasaan bola yang luar biasa. Mereka harus bisa melakukan tembakan dari semua sudut, bahkan langsung dari umpan. Penting juga untuk setiap pemain penyerang menghindari offside kapan saja. Ini beberapa posisi penyerang:

  • Penyerang Tengah: Penyerang tengah harus fokus pada mencetak gol.
  • Striker: Pemain ini memposisikan dirinya paling dekat dengan gawang tim lain, di depan penyerang tengah. Peran utama seorang striker adalah mencetak gol. Rekan satu tim mereka akan sering mencoba mengoper kepada mereka.
  • Penyerang Kedua: Pemain pada posisi ini harus mampu melindungi bola dari tim lain dan menahan mereka sambil menunggu rekan satu tim mereka memposisikan diri untuk melakukan serangan yang bagus.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *